Kamis, 02 April 2015

Pesona Keindahan Pura Uluwatu Bali


Pulau Bali banyak di hiasi berbagai Pura Cantik nan Agung, hal tersebut dikarenakan penduduk Bali mayoritas beragama Hindu, dari sekian banyak Pura di Bali, salah satunya adalah Pura Uluwatu yang mempesona.

Pemandangan Pura luhur Uluwatu ini sungguh sangat indah, Pura suci yang dianggap sebagai tempat suci ini biasa digunakan Masyarakat Bali untuk memohon Karunia kepada sang Pencipta.

Jangan lupa juga kalau dulu hanya satu atau dua resor megah yang ada di Uluwatu, kini seiring dengan ramainya wisatawan yang datang baik domestik maupun mancanegara fasilitas akomodasi untuk berbagai tingkatan juga semakin mudah dijumpai.

Pesona Pura Uluwatu hingga kini masih menjadi magnet bagi para wisatawan, selain mengunjungi Pura Agung ini biasanya para wisatawan menyempatkan diri untuk menikmati keindahan Pantai Bingin dan Pantai Padang-padang yang menjadi Surga bagi para Peselancar.

Untuk masuk ke dalam Pura ini para pengunjung diwajibkan memakai Senteng atau Selendang yang diikatkan di pinggang dan membayar tiket masuk sebesar Rp 20,000/ Orang.

Senteng sendiri dalam kepercayaan agama Hindu memiliki nilai luhur yang menjadi symbol untuk mengendalikan emosi dan menghindarkan hal-hal buruk pada diri manusia, untuk memasuki area suci seperti Pura para para pengunjung wajib menggunakan Senteng.

Sedangkan keberadaan monyet-monyet di area Pura luhur Uluwatu diyakini sebagai sebagai penjaga kesucian Pura dari tangan - tangan jahil.

Menjelang Matahari terbenam diatas Panggung biasanya sering digelar pertunjukan tari kecak, Panggung berukuran besar ini mampu menampung hingga 800 orang pengunjung.
Dari atas Panggung para pengunjung bisa melihat pemandangan lepas ke Samudera Hindia, dan saat mentari tenggelam panorama alam akan terlihat semakin semakin menawan.

Pura Luhur Uluwatu yang berhadapan langsung dengan tiga pura Agung lainnya yakni Pura Besakih, Pura Andakasa dan Pura Batur, diantara ketiga Pura tersebut Pura Luhur Uluwatu dipercaya mampu memberikan kekuatan spiritual yang dapat menjaga keseimbangan hidup serta anugrah bagi umat Hindu.
Untuk menjaga kesuciannya Pura Uluwatu hanya terbuka bagi mereka yang ingin bersembahyang saja. Sementara para Wisatawan hanya bisa melihat keagungan Pura dari balik luar pagar.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar